S2 Lewat SIMAK UI

Ada keinginan untuk melanjutkan kuliah sarjananya? Universitas Indonesia? Mmmmh… SIMAK UI aja…

Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) merupakan salah satu seleksi yang diadakan oleh Universitas Indonesia untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. SIMAK UI sendiri menjadi salah satu dari banyak pilihan cara untuk mahasiswa sarjana untuk menjadikan UI sebagai salah satu almamater. Cara lainnya berupa SBMPTN undangan maupun tertulis. Sedangkan untuk fresh-graduate atau pun pekerja yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan untuk program Magister, Doktor, Profesi, ujian SIMAK merupakan salah satunya pilihan.

Informasi, proses dan alur pendaftaran sudah disediakan didalam website penerimaan Universitas Indonesia sendiri, https://penerimaan.ui.ac.id. Didalamnya dilengkapi dengan informasi terkait tata cara pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran, tahapan seleksi, jurusan yang ingin dipilih beserta biaya per semester untuk jurusan tersebut. Untuk proses pendaftaran pun tidak rumit dan memakan waktu yang tidak lama. Proses pendaftaran dilakukan di website dan melakukan biaya registrasi untuk SIMAK sebesar nominal tertera.

Jika Anda berminat untuk mendaftar SIMAK, terdapat juga informasi penyelenggaraan SIMAK UI yang telah dibagi dalam suatu periode per tahun. Biasanya terbagi dari 2 – 3 Gelombang untuk pembukaan pendaftaran pada rentang April dan Agustus. Untuk jadwal rincinya akan berbeda setiap tahun. Namun akan dilakukan pada periode yang sama.

Apa saja Seleksi yang akan dilaksanakan oleh calon mahasiswa?. Materi ujian hampir sama dengan ujian SBMPTN. Sesi pertama yaitu ujian kemampuan Akademik yang berisi pengetahuan IPA di SMA dan TPA namun lebih rumit penyelesaiannya. Sesi kedua meliputi ujian terkait kemampuan bahasa inggris. Untuk pengisian jawaban harus memastikan jawaban benar dan tidak boleh asal, dikarenakan pembobotan nilai ujian yang menurut penulis lebih kepada pengujian bukan hoki-hokian. Pembobotan yaitu jika yang dijawab salah maka nilai -1, jika benar +4, dan jika kosong / tidak disisi nilai 0.

Dimana seleksi dilaksanakan? Ujian dilakukan full dalam waktu 1 hari dan dilaksanakan di gedung fakultas yang ada di UI. Gedung yang biasa digunakan yaitu Fakultas Teknik, Ekonomi. Hampir semua gedung fakultas digunakan untuk ujian.

Untuk pengumuman ujian dapat dilihat beberapa minggu setelah ujian. Pengumuman dapat dilihat secara online melalui website penerimaan UI. Kelulusan ditentukan oleh seleksi ujian yang telah dilakukan. Untuk mahasiswa yang ingin melamar Beasiswa terlebih dahulu ataupun mengumpulkan uang untuk biaya perkuliahan, beberapa fakultas yang memberikan pilihan untuk mahasiswa. Pilihan berupa jika calon mahasiswa dinyatakan lulus test, mereka dapat mengajukan permohonan untuk menunda mulai kuliah pada semester depan atau 1 tahun ke depan.