Customizing Datatables for your Web Apps

Sebagai web developer ataupun fullstack programmer pasti ada request untuk sebuah pengelolaan terhadap data didalam sebuah sistem. Data terkait suatu entiti yang bervariasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pengelolaan ini mencakup seperti data terkait produk, marketing dan data lainnya.

Untuk dapat melakukan pengelolaan terhadap data dibutuhkan visualisasi terhadap data tersebut. Baik data terstruktur dan data tidak terstruktur. Tabular / Tabel merupakan salah satu cara yang sesuai dalam melakukan visualisasi data tersebut untuk memenuhi kebutuhan user. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ada programmer yang membuat dari nol (create from scratch) visualisasi data tabel dan ada juga yang menggunakan Plugin.

Saya sendiri juga sebagai seorang developer juga pernah melakukan pembuatan tabel secara manual hingga melakukan riset terhadap penggunaan package / plugin yang dapat mempopulasi dan visualisasi data ke dalam sebuah tabulasi. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratis penggunaannya. Salah satu tabel plugin yang dapat digunakan adalah DataTables.

DataTables merupakan sebuah complete Plugin yang dibangun diatas library JQuery Javascript. Sangat fleksibel sehingga memuat hingga mencapai 1 – 5 juta data dalam satu tabel. Plugin ini bersifat open source dan memiliki banyak fitur yang ditambahkan oleh berbagai developer. Salah satu fitur yang sangat populer adalah on tabel update yang telah disediakan. Fitur yang paling banyak saya pakai adalah yang dikembangkan secara open oleh developer lain. salah satunya adalah fitur checkbox didalam tabel.

Dalam penggunaannya, developer dapat melakukan kustomisasi terhadap penggunaan DataTables. Untuk disesuaikan dengan kebutuhan dari user seperti fitur pagination, export-to-excel-pdf, searching, ordering, responsive dan fitur lainnya.

Masalah muncul ketika data yang divisualisasikan terlalu besar sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mempopulasi data membutuhkan waktu lebih banyak. Untuk mengatasi hal tersebut, DataTables memiliki pilihan dalam memuat data dengan menggunakan pilihan server-side. Server-side berfungsi untuk memuat data-data sesuai yang dibutuhkan sesuai dengan permintaan visualisasi dari client. Seperti data yang di load disesuaikan dengan tabel scroller atau pagination dengan menggunakan server dalam memproses data.

Datatables juga telah banyak diterapkan pada template dashboard gratis dan premium. Hal ini membuat tema dari DataTables dapat menyesuaikan tema dari template tersebut seperti Bootstrap dan Materialize. Overall, banyak keuntungan yang didapatkan dari penggunaan dari DataTables ini dengan status dari plugin ini open source sehingga dapat digunakan oleh banyak orang.